Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (2024)

Skor plagiarisme turnitin Anda tinggi? Eits, jangan panik terlebih dahulu, skor tersebut belum sepenuhnya final, ketahui cara menurunkannya sekarang!

Sampai saat ini belum ada kesepakatan tentang bagaimana membaca skor plagiarisme turnitin. Bahkan, di beberapa kalangan ini sempat menjadi polemik. Ada yang menyatakan bahwa daftar pustaka harus ikut di cek ada yang tidak.

Ada pula yang menyatakan tetap di cek dengan menggunakan fitur “exclude” dan sejenisnya. Artikel ini berusaha menguraikan beberapa solusi dari ketidak seragaman tersebut.

Mimpi buruk! Itulah yang terjadi bila skor plagiarisme turnitin skripsi, artikel atau karya ilmiah Anda melebih batas minimal yang ditetapkan oleh kampus atau pengelola jurnal.

Misalnya, batas skor minimal yang ditetapkan oleh kampus adalah 25%, begitu Anda melakukan cek plagiarisme skor yang Anda dapatkan mencapai 50% atau bahkan 80%.

Anda tidak perlu panik terlebih dahulu, sebab skor yang Anda dapatkan sebenarnya belum final. Mengapa disebut belum final? Mau tau alasannya? Simak ulasan di bawah ini.

Sebelum berlanjut, pada penjelasan cara membaca skor turnitin, Anda sebaiknya membaca ulasan kami tentang cara cek plagiarisme di turnitin.

Hati-Hati Dengan Cek Plagiarisme Turnitin Gratis

Dimanapun tempat dan negaranya “tidak ada software turnitin gratis”, secara resmi dalam laman web turnitin dinyatakan bahwa software ini berbayar. Baik siapapun penggunanya.

Selain itu software ini hanya disediakan pada instansi atau organisasi ilmiah tertentu. Artinya, tidak ada akun turnitin yang sifatnya perorangan. Untuk dapat menggunakan turnitin perorangan, Anda harus meminta kampus atau instansi tertentu membuatkan akun turnitin.

Jenis akun turnitin

Akun Repository

Apa itu akun turnitin repository? Dalam definisi yang paling sederhana, akun turnitin repository adalah jenis akun yang memungkin pengguna untuk mendapatkan fasilitas penyimpanan di database/cloud yang dimiliki turnitin.

Pengguna diberikan hak untuk menyimpan file di database online khusus. Pengguna dapat menyimpan file dalam tiga pilihan yakni repository standar milik turnitin, repository umum milik instansi dan repository khusus.

Dalam hal ini ketika yang digunakan adalah akun repository, sama halnya dengan Anda mengupload/mempublish karya dalam repository kampus.

Sebagai konsekuensinya, ketika Anda melakukan cek plagiasi dengan akun turnitin lain diluar milik instansi. Paper Anda akan terdeteksi telah di “Submit” di akun turnitin instansi lain.

Contoh, A berasal dari kampus C dan menggunakan akun turnitin kampus C skornya saat pertama kali dicek adalah 50%. Setelah melakukan parafrase, A melakukan cek ulang dengan akun kampus B, hasilnya tentu saja akan 90% ke atas. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena paper masih tersimpan dalam database akun kampus C.

Akun No Repository

Sebaliknya, akun No Repository berarti akun yang tidak menyimpan file dalam repository atau database dari paper yang dicek. Dengan akun ini, ketika file di cek dengan akun yang berbeda selama statusnya adalah akun turnitin No Repository, tidak akan berdampak fatal sebagaimana kasus di atas.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan jenis akun No Repository ini.

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin

Gambaran mengenai akun Repository dan No Repository di atas mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang saat ini mengalami kejadian tersebut.

Lalu bagaimana solusinya? Ada dua solusi yang bisa Anda terapkan. Solusinya ini merupakan bagian dari cara membaca skor turnitin. Simak baik-baik di bawah ini.

Cara Membaca dan Mengatasi Skor Turnitin yang Terlanjur di Cek di Akun Repository

Ada dua kemungkinan mengapa skor 90% didapatkan dari hasil cek turnitin. Pertama, karena karya ilmiah benar-benar plagiat atau penulis menyalin seluruh isi skripsi, tesis atau karya ilmiah milik orang lain. Kedua, penulis pernah melakukan cek turnitin di akun Repository.

Bila kasus kedua yang terjadi ada dua cara yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • pertama melakukan cek di akun yang sama. Anda harus melakukan cek turnitin di akun yang sama, misalnya ketika Anda menggunakan akun kampus C, berarti setelah melakukan parafrase Anda wajib melakukan cek ulang dengan akun kampus C juga.
  • Kedua, gunakan fitur “exclude” jika Anda melakukan cek dengan akun yang berbeda. Sebagai ilustrasi cek gambar di bawah ini.
Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (1)

Pada gambar di atas hasil cek menunjukkan 98%, lihat bagian kiri angka “1”, itu menunjukkan bahwa paper ini pernah di submit di repository tertentu. Menurut keterangan penulis, paper tersebut pernah di cek dengan akun turnitin repository. Ini menunjukkan bahwa paper tersebut telah masuk di database akun turnitin kampus.

Mari kita telusuri, bersama-sama kasus ini.

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (2)

Sebagaimana ditunjukkan oleh panah di atas, ternyata paper ini telah masuk di repository kampus Perry High School yang ditunjukkan dengan tingkat skor yang mencapai 98%. Untuk mengatasinya gunakan fitur “Exclude” dan pilih “ Submitted to Perry High School”, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (3)

Klik pada bagian submitted to…, selanjutnya pilih exclude sebagaimana tampak gambar di atas.

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (4)

Berikut hasilnya, deteksi turnitin dari repository Submitted to Perry High School akan dikecualikan oleh Software ini, skor yang didapat turun drastis yakni 12% saja.

Cara Membaca Skor Turnitin; Kondisi Normal

Teknik di atas hanya bisa diterapkan dalam hal file tersimpan di akun turnitin. Dalam hal ini, menurut hemat penulis, menu exclude boleh dilakukan. Namun, dalam hal tidak terjadi kasus sebagaimana di paparkan di atas, menu exclude ini tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Namun, ada hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai kasus exclude ini, paparan ini merupakan pengalaman penulis setelah membaca model pengaturan pada software turnitin dari berbagai kampus, berikut detailnya:

  • Tidak menerapkan sama sekali fitur exclude, baik exclude “Bibliografi”, “Quotations” maupun “By Size”.
  • Menggunakan fitur exclude hanya pada “Bibliografi dan Quotations”
  • Menerapkan ketiganya, dengan exclude by Words, misal “15 kata”
  • Menerapkan ketiganya, dengan exclude by size 1-2%.
Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (5)

Anda bisa mengetahui hal ini dengan melihat bukti PDF hasil cek yang dikirim oleh kampus, lihat gambar di atas.

Setiap pengaturan di atas, memiliki konsekuensi dan dampak tersendiri terhadap skor plagiarisme turnitin dari paper Anda. Sebagai bukti mari kita ubah pengaturan pada paper dengan menerapkan aturan “mematikan fitur exclude pada bibliografi, quotations dan machtes”.

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (6)

Skor ketika menggunakan fitur exclude ketiganya sebagai berikut:

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (7)

Kemudian, skor ketika fitur exclude dihilangkan sebagai berikut:

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (8)

Perbedaan skornya sangat tinggi bukan? Masalahnya, di kalangan peneliti, praktisi, kampus atau pengelola jurnal manapun belum ada kesepakatan mengenai cara membaca skor plagiarisme turnitin ini.

Solusinya, adalah dengan meninjau bagaimana pengaturan fitur exclude pada dokumen PDF hasil cek turnitin dari kampus Anda.

Related

Cara Benar Membaca Skor Plagiarisme Turnitin - Ascarya Solution (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Jeremiah Abshire

Last Updated:

Views: 5699

Rating: 4.3 / 5 (74 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Jeremiah Abshire

Birthday: 1993-09-14

Address: Apt. 425 92748 Jannie Centers, Port Nikitaville, VT 82110

Phone: +8096210939894

Job: Lead Healthcare Manager

Hobby: Watching movies, Watching movies, Knapping, LARPing, Coffee roasting, Lacemaking, Gaming

Introduction: My name is Jeremiah Abshire, I am a outstanding, kind, clever, hilarious, curious, hilarious, outstanding person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.