Daftar Harga Tempe di Berbagai Negara, Nomor 4 Bisa Bikin Cepat Kaya (2024)

loading...

Harga tempe di berbagai negara cukup menarik dibahas. Tempe sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang sangat sulit ditemui di Luar Negeri. Sekalipun ada harganya selangit, berikut daftarnya. Foto/Dok

JAKARTA - Harga tempe di berbagai negara cukup menarik dibahas. Tempe sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang sangat sulit ditemui di Luar Negeri.

Tempe bukan hanya sekedar makanan asli Indonesia, namun juga membawa nilai-nilai dan local wisdom Indonesia. Tempe di Indonesia mempunyai nilai budaya yang tinggi.

Baca Juga

Seperti Rendang, Sandiaga Uno Ingin Jadikan Tempe Mendunia

Meskipun demikian, masih terdapat orang yang menganggap tempe adalah makanan orang tidak mampu. Padahal sebetulnya makan ini adalah solusi bagi pemerintah dalam memberikan akses makanan bergizi untuk rakyatnya.

Tempe mempunyai kandungan protein yang hampir sama dengan daging sapi, namun lebih sehat karena tidak mengandung lemak jenuh ganda. Tempe lebih ramah lingkungan karena dalam proses produksinya hanya dibutuhkan 10% dari energi yang dibutuhkan untuk memproduksi daging sapi.

Beragam makanan yang dapat dihasilkan dari bahan dasar Tempe sangat beragam. Namun, bagi orang Indonesia yang ada di luar negeri, tentu saja tempe adalah barang mewah.

Faktor suhu dan kelembapan membuat produksi tempe agak mahal sehingga kurang diminat di luar negeri.Tempe yang menjadi makanan sehari-hari di Indonesia berubah menjadi makanan langka dan mahal di luar negeri.

Tak heran jika banyak orang Indonesia yang rela membawa tempe dari Indonesia untuk dimakan di luar negeri karena jauh lebih murah. Berikut beberapa harga tempe di beberapa negara di dunia:

1. Indonesia

Harga tempe Indonesia bisa dibilang cukup murah. Hal ini karena tempe adalah makanan asli Indonesia. Menurut data Kementerian Perdagangan Indonesia pada Juni 2021, harga tempe berada di antara Rp 16.000 – 17.000 kg jika melihat harga bahan baku kedelai pada Juni 2021.

Harga tempe tidak terlalu mengalami perubahan yang siginifikan saat ini. Bahkan, di pasar-pasar, kita bisa membeli tempe dengan potongan lebih kecil sesuai kebutuhan seharga Rp 3.000-Rp 6.000 tergantung besar potongan tempenya.

2. Jepang

Tempe termasuk makanaan langka di Jepang karena orang Jepang tidak mengonsumsi tempe untuk makanan sehari-harinya. Tempe di Jepang bisa ditemui di beberapa toko. Salah satunya Toko Indonesia yang berada di dekat Stasiun Okubo, Jepang.

Tempe di Jepang dijual dalam keadaan beku. Hal ini berbeda dengan di Indonesia. Harga tempe per bungkus (100 gram) adalah sekitar 350 Yen atau sekitar Rp 45.000 per bungkus 100 gram. Jika kita membeli 3 bungkus, harganya sekitar 1000 Yen atau sekitar Rp 126 ribu.

Proses pembuatan tempe di Jepang berbeda dengan di Indonesia. Dengan tingkat kelembaban yang lebih rendah dibandingkan di Indonesia, perlu cara khusus agar bisa membuat tempe di Jepang. Hal ini membuat tempe menjadi makanan mahal yang ada di Jepang.

3. Inggris

Tempe menjadi makanan mewah dan mahal di Inggris. Ketersediaan bahan baku dan belum banyaknya produsen tempe membuat harga tempe sangat mahal di Inggris.

Baca Juga

Pasokan Kedelai Aman, Harga Tahu dan Tempe Akan Turun

Seorang peneliti tempe dari Inggris, Jonathan Agranoff, mengaku bahwa tempe adalah makanan mahal dan langka di Inggris. Di salah satu restoran Inggris, harga satu porsi tempe bisa mencapa USD 20 atau sekitar Rp 287.000.

Agranoff meneliti tempe sampai ke Indonesia. Dia belajar membuat tempe dari seorang dosen di Bogor. Hal ini membuatnya sangat tertarik untuk bisa memproduksi tempe di Inggris yang sangat mahal. Padahal, gizi tempe sangat bagus dan di Indonesia dijual dengan harga yang sangat murah.

4. Amerika Serikat

Harga tempe di Amerika Serikat cukup fantastis. Selain karena jarang orang yang makan tempe dan bukanlah makanan pokok di Amerika Serikat.

Namun tempe bisa kita temui di Negeri Paman Sam, lantaran tingginya permintaan dari orang Indonesia yang tinggal di sana.

Salah satu pelajar Indonesia yang tinggal di Colorado, Amerika Serikat, Tatjana Syafira mengungkapkan bahwa harga tempe di Colorado, Amerika Serikat mencapai USD 26 atau sekitar Rp 400 ribu.

Harga tempe ini sangat mahal dan jauh di atas harga tempe di Indonesia. Hal ini membuat tempe menjadi barang mewah dan mahal di Amerika Serikat. Walaupun begitu, tempe tetap dicari orang Indonesia yang ada di Amerika Serikat.

5. Singapura

Harga tempe di Singapura cukup mahal. Walau lokasinya berdekatan dengan Indonesia, harga tempe di Singapura jauh lebih mahal daripada harga tempe di Indonesia.

Harga tempe di Singapura saat ini mencapai SGD 2 atau sekitar Rp 21.000 per potong. Harga tersebut sama dengan satu potong tempe di Indonesia seharga Rp 3-4 ribu.

Orang Indonesia di Singapura juga banyak dan secara iklim sama dengan Indonesia sehingga harga tempe di Singapura tidak semahal di Amerika Serikat atau Inggris.

Lihat Juga: Keripik Tempe Produksi UMKM Indonesia Tembus Pasar Global

(akr)

Daftar Harga Tempe di Berbagai Negara, Nomor 4 Bisa Bikin Cepat Kaya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Trent Wehner

Last Updated:

Views: 5817

Rating: 4.6 / 5 (76 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Trent Wehner

Birthday: 1993-03-14

Address: 872 Kevin Squares, New Codyville, AK 01785-0416

Phone: +18698800304764

Job: Senior Farming Developer

Hobby: Paintball, Calligraphy, Hunting, Flying disc, Lapidary, Rafting, Inline skating

Introduction: My name is Trent Wehner, I am a talented, brainy, zealous, light, funny, gleaming, attractive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.