Cara Membuat Tempe di Rumah - MAHI (2024)

Siapa bilang kamu nggak perlu tahu bagaimana cara membuat tempe? Sebagai menu sehari-hari, fermentasi dari kacang kedelai ini ternyata mudah dibuat. Kamu hanya membutuhkan kesabaran dan komitmen hingga proses fermentasi tempe ini berhasil. Memang terkesan merepotkan, tetapi bukannya tak mungkin kalau kamu malah ketagihan bikin tempe sendiri setelah melewati proses pembuatannya.

Tempe merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat populer di Indonesia selain tahu. Belakangan tempe digandrungi oleh pencinta makanan organik dan dibuat dalam berbagai variasi kacang-kacangan. Selain kacang kedelai, bahan membuat tempe juga bisa menggunakan kacang kedelai hitam, kacang tolo, kacang hijau, kacang koro, bahkan hingga kacang edamame. Salah satu bahan penting dalam pembuatan tempe selain kacang-kacangan adalah ragi tempe. Bahan inilah yang akan menyempurnakan proses fermentasinya. Supaya lebih gurih, tambahkan Royco Kaldu Ayam ke dalam adonan tempe.

Selain bahan membuat tempe, ada beberapa alat pendukung yang perlu disiapkan untuk memudahkan proses pembuatan tempe. Misalnya baskom besar untuk proses pencucian dan perendaman kedelai. Kacang kedelai akan mengembang dan menjadikan sehingga kamu membutuhkan baskom dengan ukuran 2-3 kali lebih besar dari volume kacang bahan utama yang direndam. sem*ntara tampah digunakan untuk proses penirisan kacang kedelai sesudah melewati proses awal. Jangan lupa juga panci pengukus atau dandang untuk mematangkan kacang kedelai sebelum difermentasi.

Yuk, tantang diri kamu untuk mempraktikkan cara membuat tempe rumahan ini! Bahan utama untuk tempe mendoan, oseng tempe, hingga keripik tempe bisa didapat di dapur sendiri. Sekali sukses membuatnya, dijamin kamu ketagihan.

Penasaran dengan resep dan tips lain untuk dicoba di rumah? Yuk,cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan ajukan pertanyaanmu di kolom komentar.Jangan lupa untuk follow dan like, ya!

Ingin coba resep lainnya? Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Cara Membuat Tempe di Rumah - MAHI (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Duane Harber

Last Updated:

Views: 6380

Rating: 4 / 5 (51 voted)

Reviews: 82% of readers found this page helpful

Author information

Name: Duane Harber

Birthday: 1999-10-17

Address: Apt. 404 9899 Magnolia Roads, Port Royceville, ID 78186

Phone: +186911129794335

Job: Human Hospitality Planner

Hobby: Listening to music, Orienteering, Knapping, Dance, Mountain biking, Fishing, Pottery

Introduction: My name is Duane Harber, I am a modern, clever, handsome, fair, agreeable, inexpensive, beautiful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.