10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (2024)

Jakarta -

Menjalani diet bukan berarti harus menghilangkan kebiasaan ngemil. Snack untuk diet pun punya rasa yang enak dan bisa mengganjal perut di sela-sela jam makan sehingga kamu tidak perlu kelaparan.

Faktanya diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti harus mengurangi jam makan. Para pakar diet menyarankan agar kamu tetap makan lima kali sehari, yang terdiri dari 3 kali makan besar dan 2 kali camilan.

Namun perlu diperhatikan jenis snack untuk diet yang aman dikonsumsi dan kaya nutrisi. Hal ini penting untuk menjaga energi tetap stabil seharian.

ADVERTIsem*nT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Makan dengan porsi lebih kecil dan sering tidak hanya membuat Anda berenergi dan lebih fokus, tapi juga membantu metabolisme tubuh bekerja maksimal jadi kalori juga terus terbakar," terang nutritionist Brigitte Zeitlin, M.P.H., R.D., C.D.N., seperti dikutip dari Self.

Ini snack untuk diet yang rendah kalori namun kaya nutrisi:

1. Kacang-kacangan

Satu ons kacang-kacangan seperti almond, mede, kacang tanah, walnut atau pistachio sangat baik sebagai snack untuk diet sekaligus membantu memenuhi kebutuhan protein harian. Satu ons kacang-kacangan tinggi akan protein, serat dan lemak. Camilan ini bisa dinikmati di sela waktu antara sarapan dan makan siang.

2. Roti Gandum

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (2)Roti Gandum. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Selembar roti gandum dengan irisan alpukat, olesan keju atau selai kacang tidak hanya lezat disantap tapi juga rendah kalori dan sehat. Roti gandum yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, dipadu dengan olesan mengandung lemak serta protein akan menyediakan nutrisi yang cukup dan perut terasa kenyang hingga jam makan siang.

Baca juga: Hobi Ngemil? Ini 5 Camilan yang Sehat dan Coco*k Dikonsumsi Saat Diet

3. Apel dengan Selai Kacang

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (3)Apel dan Selai Kacang. Foto: iStock

Buah sangat disarankan sebagai camilan sore. Kamu bisa makan apel atau pisang dengan olesan selai kacang sebagai tambahan protein.

Tapi karena selai kacang mengandung kalori serta kolesterol tinggi, batasi konsumsinya hanya satu sendok makan sekali makan.

4. Edamame

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (4)Edamame. Foto: iStock

Edamame direkomendasikan pakar nutrisi sebagai camilan sehat yang bisa disantap setiap hari. Terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Nutritionist asal Inggris, Shona Wilkinson mengatakan bahwa edamame bisa jadi camilan sehat dengan cara dikukus, atau dijadikan tambahan dalam sup. Kacang kedelai berukuran besar dan berwarna hijau ini juga bisa ditambahkan pada salad, atau dipanggang.

Shona menambahkan bahwa ngemil edamame merupakan cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan tetap terkontrol. Terlebih lagi edamame juga tinggi protein, membantu perut terasa kenyang lebih lama sehingga ideal dimakan di sela-sela jam sarapan dan makan siang, atau sore hari sebelum makan malam.

5. Es Krim dengan Topping Tinggi Protein

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (5)Es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Shaiith

Snack untuk diet selanjutnya adalah es krim dengan topping yang tinggi protein. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, es krim yang terbuat dari susu tidak akan membuat timbangan berat badan naik signifikan.

Es krim yang terbuat dari susu mengandung karbohidrat serta protein, plus rasanya juga lezat. Satu scoop es krim rasa vanilla atau co*kelat, terbilang masih 'aman'. Agar lebih bernutrisi, kamu bisa menambahkan topping seperti cacahan almond, remahan kelapa kering atau buah-buahan beku.

Baca juga: 8 Cara Diet Mediterania, Dapat Predikat Terbaik Tiga Tahun Berturut-turut

6. Kurma dan Selai Kacang

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (6)Kurma. Foto: Getty Images/iStockphoto

Menu ini disarankan oleh Shannon Garcia, M.D.S., R.D. Ketika keinginan makan makanan manis timbul, kamu bisa memuaskannya dengan beberapa butir kurma yang dioles selai kacang. Selain mengandung gula sebagai sumber energi, kurma juga kaya akan serat yang memberi rasa kenyang pada perut dan baik bagi pencernaan. Sedangkan selai kacang merupakan sumber protein dengan citarasa gurih serta mengandung lemak sehat.

7. Yoghurt

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (7)Yoghurt Foto: iStock

Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar, untuk membuat kamu kenyang lebih lama.

8. Oatmeal

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (8)Oatmeal. Foto: Getty Images/iStockphoto/t_kimura

Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

9. Salad Sayur

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (9)Salad. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Ganti camilan olahan pabrik dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat kamu terhidrasi seharian. Pilih dressing yang juga rendah kalori seperti minyak zaitun dengan perasan lemon yang dibumbui sedikit garam dan merica.

10. Batang Seledri

10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (10)Batang seledri. Studio Photo Foto: iStock

Batang seledri dengan cocolan saus tartar atau honey mustard bisa jadi snack untuk diet dengan rasa yang segar dan gurih, terlebih lagi, rendah kalori. Selain sebagai makanan diet, seledri juga baik untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Seledri mengandung 83 persen air serta rendah kalori, menjadikannya camilan yang sehat bagi mereka yang sedang diet penurunan berat badan. Seledri juga memiliki sejumlah kecil mineral seperti sodium, kalsium, zinc, zat besi, fosfor serta vitamin A, B dan C.

Simak Video "Belanja Koper Diskon hingga 70% di Transmart Full Day Sale"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)

snack untuk dietcamilan untuk dietcamilan sehat


10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Catherine Tremblay

Last Updated:

Views: 5520

Rating: 4.7 / 5 (47 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Catherine Tremblay

Birthday: 1999-09-23

Address: Suite 461 73643 Sherril Loaf, Dickinsonland, AZ 47941-2379

Phone: +2678139151039

Job: International Administration Supervisor

Hobby: Dowsing, Snowboarding, Rowing, Beekeeping, Calligraphy, Shooting, Air sports

Introduction: My name is Catherine Tremblay, I am a precious, perfect, tasty, enthusiastic, inexpensive, vast, kind person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.