Pejuang Skripsi Wajib Tahu, Ini Website yang Haram Dikutip untuk Skripsi (2024)

Jakarta: Mahasiswa strata-1 atau S1 yang sedang atau mau mengerjakan skripsi wajib tahu website yang tidak boleh dijadikan referensi dan dikutip. Berikut website yang haram dikutip dalam skripsi.

Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dituntaskan oleh mahasiswa tingkat akhir. Dikutip dari KBBI skripsi merupakan karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.

Dalam penyusunannya mahasiswa harus mencari sumber referensi sesuai dengan judul skripsi. Sumber referensi ini bisa dari buku, jurnal, dan juga website yang kemudian dikutip dalam skripsi.
Namun, pejuang skripsi tidak bisa sembarangan menjadikan website sebagai sumber referensi dan dikutip. Berikut ini website yang haram dijadikan referensi dan dikutip untuk skripsi yang dirangkum Medcom.id dari berbagai sumber.

Pejuang Skripsi Wajib Tahu, Ini Website yang Haram Dikutip untuk Skripsi (1)
(Ilustrasi mencari bahan skripsi di internet Foto: Pexels)

Website yang 'haram' dikutip untuk skripsi

1. Blogger/Wordpress

Blogger maupun wordpress tidak boleh dijadikan referensi dan dikutip. Memang, biasanya dari kedua laman itu tersedia materi yang coco*k untuk skripsi kamu.

Namun, jangan sekali-sekali menjadikan tulisan di kedua situs tersebut sebagai bahan skripsi. Cara yang bisa dilakukan adalah melihat sumber-sumber yang dicantumkan kemudian telusuri lebih lanjut.

2. Wikipedia

Melimpahnya informasi yang diberikan oleh Wikipedia tak jarang membuat khilaf untuk menjadikan sumber materi. Tapi, Wikipedia juga merupakan website yang haram dijadikan rujukan dan dikutip.

Kenapa tidak boleh mengambil sumber dari Wikipedia? Karena hampir semua dosen mengharamkan mahasiswanya mengambil dari situs sejuta umat ini. Belum lagi, secara akademik masih belum bisa dipertanggungjawabkan dan sifatnya open source. Artinya, materi di dalamnya bisa diubah oleh siapa saja.

Cara terbaik adalah melihat sumber referensi yang dicantumkan di bagian bawah. Gunakan sumber referensi untuk menelusuri lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan pengutipan skripsi.

Jika ingin tetap mencari sumber pengutipan dari internet, Kamu bisa mencari e-book atau jurnal baik nasional maupun internasional. Banyak situs yang menyediakan dua bahan tersebut secara gratis.

Referensi mencari ebook dan jurnal

Google Scholar

Pertama ada Google Scholar, situs dari Google ini memudahkan kamu para pejuang skripsi mencari bahan dari jurnal secara online. Jurnal-jurnal tersebut bisa diakses secara gratis.

Library Genesis

Bagi yang ingin mencari ebook bisa mengakses situs ini. Selain buku, tersedia juga jurnal dalam format PDF, mobi, hingga ePub.

Tips mencari sumber adalah memastikan memasukan kata kunci yang sesuai. Pasalnya, situs ini menampilkan artikel sesuai kata kunci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(RUL)

Pejuang Skripsi Wajib Tahu, Ini Website yang Haram Dikutip untuk Skripsi (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Dan Stracke

Last Updated:

Views: 6354

Rating: 4.2 / 5 (63 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Dan Stracke

Birthday: 1992-08-25

Address: 2253 Brown Springs, East Alla, OH 38634-0309

Phone: +398735162064

Job: Investor Government Associate

Hobby: Shopping, LARPing, Scrapbooking, Surfing, Slacklining, Dance, Glassblowing

Introduction: My name is Dan Stracke, I am a homely, gleaming, glamorous, inquisitive, homely, gorgeous, light person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.