Kategori dan Jenis Plagiarisme (2024)

Plagiarisme adalah sebuah dosa besar dalam dunia tulis-menulis, akademis, dan sebagian besar bidang lainnya. Plagiarisme atau plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri (KBBI 1997: 775). Plagiarisme adalah suatu bentuk tindak kriminal yang dapat dijerat dengan hukum pidana karena dapat dikatakan sebagai pencurian terhadap hak cipta milik orang lain. Tindakan plagiarisme yang dilakukan di dunia akademis dapat dijerat dengan sanksi pemecatan dari instansi akademik, pencabutan gelar, dan sebagainya. Itu adalah hal-hal yang sudah diketahui orang pada umumnya, namun apakah kita sudah tahu bahwa terdapat jenis-jenis plagiarisme?

Dalam buku Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah karangan Felicia Utorodewo dkk., ada beberapa hal yang dikategorikan sebagai plagiarisme, yaitu:

·Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,

·Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri,

·Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri,

·Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,

·Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya,

·Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan

·Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.

Dan terdapat beberapa hal yang digolongkan sebagai plagiarisme, yaitu: 1) menggunakan tulisan orang lain secara mentah (di dalam tulisan yang mengutip sumber tersebut tidak diberikan tanda jelas seperti tanda kutip); dan 2) mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi (catatan yang diberikan pengarang atau orang lain untuk menerangkan, mengomentari, atau mengkritik teks karya sastra atau bahan tertulis lain) yang cukup tentang sumbernya.

sem*ntara itu terdapat juga hal-hal yang tidak tergolong plagiarisme. Ini dapat dijadikan patokan bagi penulis yang ingin mengutip sesuatu dari sumber tertentu. Hal-hal tersebut di antaranya: 1) menggunakan informasi yang berupa fakta umum; 2) menuliskan kembali (dengan mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dari sumber yang jelas; dan 3) mengutip secukupnya tulisan orang lain, dalam hal ini tanda batas harus diberikan dengan jelas pada bagian kutipan dan sumber harus dituliskan.

Kategori Plagiarisme dan Jenisnya

Pada praktiknya, plagiarisme dibedakan menjadi beberapa kategori. Sastroasmoro (2007) menjabarkan kategori plagiarisme berdasarkan, pertama, aspek yang dijiplak. Ada empat jenis plagiarisme berdasarkan kategori ini, yaitu plagiarisme ide, plagiarisme isi, plagiarisme tulisan, dan plagiarisme total. Plagiarisme total adalah jenis yang dianggap paling berat sanksinya karena plagiarisme total artinya menjiplak keseluruhan bahan dari sumber secara mentah tanpa mengubahnya menggunakan standing point individu.

Yang kedua berdasarkan proporsi bahan yang dijiplak. Ada tiga jenis plagiarisme di dalam kategori ini yaitu plagiarisme ringan yang mencakup ±30 persen bahan dari sumber; plagiarisme sedang yang mencakup 30 sampai 70 persen, dan plagiarisme berat yang mencakup 70 persen bahan dari sumber atau lebih. Idealnya, proporsi ide atau gagasan penulis harus lebih dominan dari jumlah kutipan yang diambil dari bahan sumber. Karena jika tidak, dikhawatirkan justru bahan sumberlah yang mendominasi dan menghasilkan komposisi tulisan yang tidak orisinil.

Yang ketiga, berdasarkan pola plagiarisme. Ada dua jenis plagiarisme dari kategori ini, yaitu plagiarisme kata demi kata (word for word) dan plagiarisme mozaik yang berupa penggabungan ide orisinil dengan ide orang lain. Ada kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh penulis, yaitu tidak menyebutkan sumber tulisannya sehingga tulisannya tersebut justru dapat dikatakan sebagai sebuah tindakan plagiarisme.

Dan yang terakhir berdasarkan kesengajaan. Ada dua jenis plagiarisme di dalam kategori ini yaitu plagiarisme yang disengaja dan yang tidak disengaja. Yang paling sering terjadi adalah jenis plagiarisme yang tidak disengaja. Penulis dianggap plagiator meskipun ia sendiri tidak menyadarinya. Hal ini bisa saja terjadi ketika penulis lupa menuliskan sumber pada daftar pustaka hasil tulisannya. Walaupun kelalaian ini terkesan remeh, namun akibatnya sangat fatal.

Adanya berbagai macam kategori dan jenis plagiarisme membuat seorang penulis dituntut untuk selalu berhati-hati dalam mempublikasikan tulisannya. Bisa saja karena suatu hal sederhana seperti kelalaian atau ketidaksengajaan penulis dalam mencantumkan sumber, justru dapat mengantar penulis tersebut pada jurang yang menghancurkannya. Akan sangat tidak adil ketika seseorang yang melakukan tindak plagiarisme karena unsur ketidaksengajaan mendapat sanksi yang sama dengan pelaku tindak plagiarisme berat yang disengaja. Hal ini harus mendapat perhatian lebih dari orang yang mengkajinya. Plagiarisme, sekali lagi, adalah sebuah dosa besar yang benar-benar harus dihindari.

Sumber:

Rubrik Forum Guru Koran Pikiran Rakyat, Sabtu 10 Maret 2012

Utorodewo, Felicia, dkk. 2007. Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

http://www.kamusbahasaindonesia.org/

Esensi Penugasan:

Karena penugasan menulis esai inilah saya akhirnya mengetahui bahwa ada begitu banyak jenis plagiarisme. Ada begitu banyak hal-hal yang harus dihindari supaya saya tidak terjerat oleh kelalaian saya sendiri, dan karenanya, lebih berhati-hati dalam membuat dan mempublikasikan tulisan saya. Ini adalah penugasan esai favorit saya dari semua penugasan yang ada, karena saya merasa cukup tertarik dengan dunia jurnalistik dan tulis-menulis.

Mohon tunggu...


Lihat Pendidikan Selengkapnya

Beri Komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Kategori dan Jenis Plagiarisme (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Laurine Ryan

Last Updated:

Views: 5545

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Laurine Ryan

Birthday: 1994-12-23

Address: Suite 751 871 Lissette Throughway, West Kittie, NH 41603

Phone: +2366831109631

Job: Sales Producer

Hobby: Creative writing, Motor sports, Do it yourself, Skateboarding, Coffee roasting, Calligraphy, Stand-up comedy

Introduction: My name is Laurine Ryan, I am a adorable, fair, graceful, spotless, gorgeous, homely, cooperative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.