Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (2024)

Share this on WhatsApp

Sering kali para pemilik mobil belum tahu tentang fungsi relay padahal punya peran yang cukup besar. Atau malah Carmudian belum pernah mendengar nama relay pada kendaraan?

Jika belum tahu, simak terus bahasan tentang fungsi relay mobil berikut ini, ya.
Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (1)

Isi Konten

  • Fungsi Relay pada Mobil
    • Berfungsi Sebagai Saklar
    • Membuat Saklar Awet
    • Tidak Menyedot Banyak Daya
    • Pengaman Saklar Utama
  • Jenis Relay Pada Mobil
    • Relay Kaki 3
    • Relay Kaki 4
    • Relay Kaki 5
    • Relay Kaki 8

Fungsi Relay pada Mobil

Berbeda dengan fungsi sekring pada mobil, fungsi utama relay lebih kepada pengaturan aliran listrik kendaraan. Hampir semua kendaraan menggunakan relay pada sistem kelistrikannya.

Relay merupakan komponen pada sistem kelistrikan kendaraan yang biasanya terdiri dari dua bagian utama menjadi kumparan dan poin.

Relay pada mobil akan mengendalikan dan mengalirkan listrik pada kendaraan agar tegangannya sesuai dan tidak berlebihan. Jika rusak, akan ada beberapa gejala, salah satunya malfungsi komponen.

Pada umumnya bagian dalam relay terdiri dari empat soket dengan tugas berbeda-beda, yakni 30, 85, 86, dan 87.

Soket 30 dan 87 memiliki fungsi sebagai kontak point, sedangkan 85 dan 86 memiliki fungsi sebagai bagian elektromagnetik.

Agar lebih jelas, berikut kami beberkan di bawah ini.

Berfungsi Sebagai Saklar

Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya ada beberapa fungsi relay pada mobil, salah satunya adalah sebagai saklar.

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (2)

Pemasangan relay pada mobil difungsikan sebagai saklar atau elektromagnetik switch yang cara kerjanya dikendalikan oleh magnet listrik. Kumparan pada bagian relay akan menghasilkan gaya magnet saat sedang dialiri listrik yang melewati soket 85 dan 86.

Membuat Saklar Awet

Pada sistem kelistrikan mobil, aliran arus listriknya cukup besar. Aliran listrik yang besar ini nantinya tidak akan langsung melewati saklar berkat adanya relay.

Secara otomatis, hal tersebut akan membuat saklar menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak. Jika rusak, maka relay lah yang akan rusak terlebih dahulu dibandingkan saklar.

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (3)

Saklar yang ada hanya berfungsi membangkitkan induksi magnet pada bagian relay. Sedangkan arus listriknya akan dialirkan dari aki menuju beban yang ada seperti lampu, klakson, AC, dan lain sebagainya.

Jika suatu saat terjadi kelebihan beban listrik, fungsi relay akan menahan bunga api yang biasanya terjadi pada saklar. Maka dari itu, saklar akan menjadi lebih awet dibanding tidak memakai relay.

Tidak Menyedot Banyak Daya

Umumnya relay akan membuat komponen yang memerlukan listrik tidak menyedot banyak daya. Misalnya klakson, AC, dan lampu utama.

Tanpa adanya saklar, ketiga komponen tersebut akan menyedot banyak daya, sehingga lama-kelamaan bisa mengurangi fungsi aki. Di sinilah relay memiliki fungsi utama pada mobil.

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (4)

Bisa dibilang relay ini bisa berfungsi sebagai stabilizer pada komponen listrik rumah tangga, namun ini ada pada mobil atau kendaraan sehingga aliran listrik bisa jadi lebih stabil dan tidak memerlukan banyak daya.

Hal ini tentu akan membuat nyala AC menjadi lebih dingin, lampu menjadi lebih terang, dan bunyi klakson menjadi lebih nyaring.

Pengaman Saklar Utama

Fungsi lain dari relay di mobil adalah sebagai pengaman dari saklar utama. Ketika sewaktu-waktu terjadi korsleting, maka relay akan memutus aliran listrik.

Sehingga ketika ada arus listrik yang terlalu tinggi maka relay terlebih dahulu yang akan rusak. Hal tersebut membuat relay bisa menjadi pengaman dari saklar.

Jenis Relay Pada Mobil

Umumnya relay pada mobil memiliki jenis yang berbeda-beda. Jenis relay yang akan dipasang harus disesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan dari komponen.

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (5)

Oleh karenanya, pemilihan sakar ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Akan lebih baik berkonsultasi kepada mekanik yang lebih paham mengenai kelistrikan agar tidak salah memilih relay.

Berikut kami beberkan beberapa jenis relay dilansir dari laman resmi Suzuki.

  • Relay Kaki 3

Relay pertama yang biasanya digunakan pada mobil adalah model kaki 3. Biasanya di bagian dalam terdapat terminal 30, 86, dan 87.

Komponen di dalam relay ini berfungsi untuk memperlancar aliran arus listrik. Umumnya relay jenis kaki 3 ini digunakan untuk komponen dengan aliran arus listrik yang tidak terlalu besar.

  • Relay Kaki 4

Relay jenis ini biasanya menjadi dasar dari rangkaian listrik dengan beban tunggal. Tenaga dari relay model kaki 4 ini berfungsi untuk mengatur saklar dari terminal 85.

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (6)

Relay punya fungsi besar pada kelistrikan mobil

Pada jenis ini, biasanya aliran listrik yang dihasilkan akan lebih bagus. Umumnya banyak digunakan untuk kebutuhan klakson, fog lamp, dan lampu utama dari mobil.

  • Relay Kaki 5

Selanjutnya ada relay dengan model kaki 5. Jenis relay ini biasanya terdapat terminal tambahan dengan nomor 87a.

Terminal tersebut memiliki fungsi untuk bisa memberikan output rangkaian beban ganda dalam satu relay. Selain itu, relay jenis ini bisa mencegah hambatan di arus listrik dengan lebih baik.

Tambahan terminal pada relay kaki 5 tentu akan membuat kinerja relay menjadi lebih ringan. Biasanya relay ini digunakan untuk relay tambahan lampu utama atau lampu rem.

  • Relay Kaki 8

Biasanya relay jenis ini digunakan untuk memberikan dua arahan pada satu saklar sekaligus. Sayangnya, relay dengan kaki 8 ini sudah mulai ditinggalkan.

Namun bukan berarti sudah sulit mencari relay jenis ini di pasaran. Hanya saja relay jenis ini umumnya sudah tidak dipakai oleh mekanik.

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (7)

Salah satu fungsi relay pada mobil

Setelah melihat fungsi relay pada mobil, Carmudian bisa melihat kisaran harga dari relay yang banyak dijual di pasaran ini.

Kira-kira berapa ya kisaran harga relay untuk mobil?

Kisaran Harga Relay Mobil

Relay kaki 3Rp4.000 – Rp200.000
Relay kaki 4Rp5.000 – Rp150.000
Relay kaki 5Rp5.000 – Rp250.000
Relay kaki 8Rp6.000 – Rp100.000

Harga di atas merupakan harga relay yang kami temukan di berbagai toko online yang ada di Indonesia. Harga tersebut tentunya akan berbeda jika Carmudian membelinya di bengkel atau toko khusus alat listrik.

Setidaknya harga relay mobil di atas bisa menjadi acuan ketika hendak membeli. Jika menelisik dari harga, memang harga yang ditawarkan sangat murah.

Kemampuan relay juga sangat besar dan bahkan cukup vital. Jika relay rusak, maka beberapa komponen akan malfungsi dalam sekejap.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Post Views: 21,922

Share this on WhatsApp

Fungsi Relay pada Mobil, Si Kecil yang Punya Peran Besar - Carmudi Indonesia (2024)

FAQs

Apa fungsi relay pada mobil? ›

Fungsi relay pada mobil adalah untuk mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya, seperti klakson dan lampu utama. Selain itu, relay pada mobil juga berfungsi untuk mengendalikan aliran listrik pada kendaraan agar tegangannya sesuai dan tidak berlebihan.

Apa fungsi relay 4 kaki? ›

Relay 4 Kaki

Relay kaki 4 menjadi dasar dari rangkaian listrik beban tunggal pada fog lamp dan klakson. Tenaga dari relay kaki 4 dapat berfungsi untuk mengatur saklar dari terminal 85. Relay kaki 4 lebih lengkap dan bisa mengalirkan arus listrik dengan lebih baik lagi pada klakson dan lampu.

Relay 5 kaki untuk apa? ›

2. Relay 5 Kaki

Jenis ini fungsinya yakni mengontrol arus listrik menuju headlamp atau stop lamp, kemudian juga berfungsi untuk mencegah terjadinya hambatan pada arus listrik. Relay ini punya 5 terminal yang mana itu terminal 30, 85, 86, 87 dan juga terminal tambahan yakni terminal 87a.

Apa fungsi relay pada klakson mobil? ›

Salah satu manfaat utama memasang relay klakson adalah mengurangi beban arus listrik pada saklar klakson. Dengan menggunakan relay klakson, saklar klakson hanya perlu mengalirkan arus listrik yang kecil untuk mengaktifkan klakson, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada saklar dan sirkuit klakson.

Bagaimana cara kerja relay? ›

Prinsip kerja relay didasarkan pada induksi elektromagnetik. Jadi pengendalian arus listrik yang mengalir ke relay tidak dilakukan berdasarkan cara manual tetapi menggunakan sinyal listrik. Sinyal inilah yang akan mengontrol elektromagnetik untuk memutus atau menghubungkan arus listrik.

Apa yang dimaksud dengan relay jelaskan cara kerjanya? ›

Relay adalah komponen elektronika yang berupa saklar atau switch elektrik yang dioperasikan menggunakan listrik. Relay juga biasa disebut sebagai komponen electromechanical atau elektromekanikal yang terdiri dari dua bagian utama yaitu coil atau elektromagnet dan kontak saklar atau mekanikal.

Pada relay kaki 5 Apakah fungsi dari terminal 87a? ›

fungsi dari terminal tambahan 87a ini adalah untuk output agar bisa menjalankan rangkaian dengan beban ganda dalam satu relay. Relay kaki 5 bisa berguna untuk mengontrol arus listrik ke headlamp maupun stoplamp. Di samping itu, relay kaki 5 juga bisa mencegah hambatan yang ada di arus listrik dengan lebih baik.

Apa fungsi dari relay starter? ›

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi relay starter adalah sebagai pengendali arus listrik yang mengalir ke starter motor dari mobil. Komponen ini mulai bekerja pada saat Anda menyalakan kunci kontak atau tombol switch, sinyal kecil dikirimkan ke relay starter.

Apa fungsi terminal 86 87 30 85 pada relay? ›

sem*ntara itu, komponen relay pada mobil terdiri dari beberapa terminal yang dilambangkan dengan angka 30, 85, 86, dan 87. Pertama, arus listrik akan melalui terminal 85 dan 86 ke arah kumparan. Kemudian, kemagnetan akan menarik kontraktor. Terakhir, arus dari kemagnetan ini akan dialirkan dari terminal 30 ke 87.

Relay 80A untuk apa? ›

Relay Transparan 12V 4 Pin 80A Untuk Lampu, Klakson Dan Alarm Mobil Motor. Secara umum relay bertujuan untuk menjaga kestabilan daya listrik yang digunakan oleh komponen kelistrikan seperti lampu, klakson dan alarm kendaraan.

Apa saja jenis jenis relay? ›

Jenis Relay
  1. Relay Elektromagnetik. Dirancang khusus menggunakan listrik mekanik dan magnetik. ...
  2. 2. Relay Induksi. ...
  3. 3. Relay Daya Tarik. ...
  4. 4. Relay Penahan Magnetik. ...
  5. Relay Hibrida. ...
  6. 6. Reed Relay. ...
  7. 7. Relay Thermal. ...
  8. Solid State Relay.

Angka 30 pada kode kaki relay menunjuk kan? ›

Terminal dengan angka 30 menjadi jalur kabel dari listrik utama alias setrum langsung dari aki. sem*ntara terminal 87 untuk disambungkan ke peranti yang akan ditandem semisal terminal positif klakson atau lampu.

Klakson tanpa relay apakah aman? ›

Tanpa adanya relay tambahan, performa klakson ataupun kelistrikan di motor seperti aki bakal terganggu. Sebab fungsi relay saat pasang klakson aftermarket adalah mengatur dan mengendalikan arus listrik yang diperlukan klakson dari aki.

Berapa ampere relay untuk klakson? ›

Secara umum ukuran yang banyak digunakan adalah 12V (Volt) dan 30-40 A (ampere).

Apakah pasang klakson keong harus pakai relay? ›

Karena hal itu, cukup banyak pemilik yang memasang klakson keong ini sebagai pengganti klakson bawaan motor mereka. Saat kalian ingin pasang klakson keong ini, disarankan untuk memasang relay juga.

Apa yang terjadi jika relay starter rusak? ›

Mesin Jadi Sulit Dihidupkan Saat Panas

Kemudian menyebabkan arus listrik tertahan dan tidak akan mengalir dengan sempurna kebagian kumparan. Arus listrik tersumbat inilah yang menyebab mesin jadi lebih sulit untuk dihidupkan kembali. Dan itulah pembahasan mengenai Relay Starter yang rusak.

Kenapa harus dipasang relay? ›

Selain agar lampu menjadi lebih terang, relay juga bisa membantu agar kabel tidak cepat kepanasan atau meleleh meski lampu memiliki watt besar. Jenis mobil yang biasanya memerlukan relay ini yaitu mobil off road yang memang memerlukan penerangan lebih terutama ketika dipakai di malam hari.

Apakah relay bisa membuat lampu mobil lebih terang? ›

Fungsi Relay Pada Lampu Mobil

Dengan menggunakan relay, nyala lampu mobil akan lebih terang. Saklar lampu mobil pun menjadi lebih awet. Ini karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, tetapi melalui relay lampu mobil.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Mr. See Jast

Last Updated:

Views: 5927

Rating: 4.4 / 5 (75 voted)

Reviews: 90% of readers found this page helpful

Author information

Name: Mr. See Jast

Birthday: 1999-07-30

Address: 8409 Megan Mountain, New Mathew, MT 44997-8193

Phone: +5023589614038

Job: Chief Executive

Hobby: Leather crafting, Flag Football, Candle making, Flying, Poi, Gunsmithing, Swimming

Introduction: My name is Mr. See Jast, I am a open, jolly, gorgeous, courageous, inexpensive, friendly, homely person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.